Tak Hanya Di Indoneisa, Suku Jawa Juga Ada di Amerika, Kok Bisa?
Tak Hanya Di Indoneisa, Suku Jawa Juga Ada di Amerika, Kok Bisa.--ISTIMEWA
radarmukomuko.bacakoran.co - Terdapat komunitas besar keturunan Indonesia, khususnya suku Jawa, yang tinggal di Suriname, di bagian utara benua Amerika Selatan. Suriname adalah bekas jajahan Belanda.
Saat ini, Suriname adalah negara dinamis dan multikultural yang terletak di utara Brasil, di pesisir Karibia. Tercatat ada lebih dari 70.000 orang "Jawa" yang tinggal di Suriname.
Meski sudah turun-temurun, banyak di antara mereka yang masih mengidentifikasi diri sebagai orang Jawa. Mereka bangga menjadi orang Jawa meski hanya sedikit dari mereka yang pernah berkunjung ke Pulau Jawa atau memiliki ikatan keluarga di sana. Namun, mereka masih berbicara bahasa Jawa versi Kreol. Selain itu, nama Jawa muncul di semua lapisan masyarakat dan elemen budaya Jawa (seperti masakan) telah mempengaruhi budaya bangsa Karibia ini.
Mengapa puluhan ribu orang keturunan Jawa tinggal di Suriname? Dikutip dari Inside Indonesia, itu semua berkaitan dengan penghapusan perbudakan dan pentingnya sistem perkebunan di koloni ini.
Pada tahun 1863, pemerintah Belanda membebaskan lebih dari 33.000 budak di Suriname. Setelah penghapusan ini, pihak berwenang mengikuti koloni Karibia lainnya dengan mengimpor pekerja kontrak dari British India untuk memasok perkebunan dengan tenaga kerja murah dan patuh.
Kontrak lima tahun tersebut merinci hak dan kewajiban para pemegang kontrak. Hal yang penting bagi sistem kerja kontrak adalah skema yang disebut sanksi pidana, yang memberikan hak kepada pemberi kerja untuk mengajukan tuntutan pidana terhadap pekerja kontrak yang melanggar kontrak kerja mereka.
Antara tahun 1873 dan 1916 lebih dari 34.000 orang India datang ke Suriname. Namun, segera muncul keraguan tentang sumber kerja kontrak ini.
Masalah utamanya adalah bahwa imigran British India tetap menjadi warga negara asing, dan oleh karena itu sebagian besar penduduk Suriname akan segera menjadi orang Inggris.
Selain itu, subjek ini dapat mengajukan banding atas keputusan otoritas tertinggi Belanda dan meminta bantuan dari konsul Inggris, yang tidak akan meningkatkan kepatuhan angkatan kerja.
Kekhawatiran tambahan adalah ketergantungan pada negara asing untuk tenaga kerja dan gerakan nasionalis yang berkembang di India, yang dengan keras menyerang sistem migrasi kontrak. Memang benar, di India sistem ini dihapuskan pada tahun 1916.
Pindah ke Jawa
Jawa dianggap sebagai sumber tenaga kerja alternatif. Upaya pertama untuk mengimpor orang Jawa sia-sia karena pemerintah Belanda tidak mengizinkan orang Jawa beremigrasi meskipun ada kemungkinan mendapatkan tenaga kerja di India. Namun, gerakan rekrutmen orang Jawa tumbuh pesat pada tahun 1880-an karena perubahan lingkungan politik di India. Keuntungan lainnya adalah Belanda akan mengontrol sendiri proses rekrutmen dan imigrasi dan tidak harus bersaing dengan negara-negara perekrut lainnya, seperti halnya India.
Sekretaris Kolonial Belanda menentang emigrasi dari Jawa hingga akhir. pada tahun 1887. Setelah melakukan lobi yang intens oleh para pekebun dan pejabat Suriname, pemerintah akhirnya memutuskan untuk mengizinkan percobaan pertama terhadap sekitar seratus migran kontrak asal Jawa pada tahun 1890.< br>
Meskipun terdapat keraguan mengenai kesehatan fisik para pekerja baru, migrasi orang Jawa ke Suriname kemudian diizinkan. Sebanyak hampir 33.000 orang Jawa bermigrasi ke Suriname antara tahun 1890 dan 1939. Jawa Tengah dan daerah dekat Batavia (Jakarta), Surabaya dan Semarang menjadi daerah perekrutan utama.
Hanya 20-25% migran Jawa yang kembali ke kampung halaman mereka. negara asal sebelum Perang Dunia II. Kebanyakan imigran menetap secara permanen di Suriname.
Migran ditugaskan di perkebunan. Sesuai kontrak, pihak perkebunan akan menyediakan perumahan gratis bagi pekerja kontrak. Namun kualitas akomodasi yang disediakan seringkali di bawah standar.
H. van Vleuten, yang pergi ke Suriname pada tahun 1909 untuk menyelidiki kondisi kehidupan dan pekerjaan orang Jawa, melaporkan bahwa kehidupan keluarga para imigran Jawa tampak "sangat menyedihkan" baginya. Kebanyakan ruangan "memberikan kesan kemiskinan yang parah bagi mereka yang menempatinya."
Kontrak kerja bagi orang Jawa di Suriname mengatur upah laki-laki dan perempuan. Namun pada kenyataannya, mayoritas pekerja kontrak mengaku tidak menerima gaji yang ditetapkan.
Van Vleuten menyimpulkan bahwa "rata-rata gaji yang diperoleh pekerja kontrak jauh melebihi upah minimum. Ia berpendapat bahwa penghasilannya terlalu rendah untuk mencari nafkah di koloni mahal seperti Suriname.
Selain masalah materi tersebut, masyarakat Jawa juga harus beradaptasi dengan kehidupan, pola makan, dan cara kerja yang baru. dalam lingkungan yang ramah, sering kali bermusuhan. Tak heran jika rasa rindu kampung halaman mencengkeram banyak pendatang.
Keinginan kembali ke Pulau Jawa merupakan salah satu bentuk pelarian. Penghindaran dan teknik lainnya, seperti berpura-pura sakit, berfungsi sebagai bentuk protes terselubung terhadap sistem kontrak kerja
Tradisi Budaya Masyarakat Jawa di Suriname masih kuat, meski di Suriname sudah terjadi perubahan dan adaptasi. . dalam bahasa, misalnya, tidak bisa dihindari. Namun generasi kedua dan selanjutnya tetap mengidentifikasikan diri dengan negara asalnya.
Pemerintah Suriname juga aktif mempromosikan keberlangsungan kebudayaan Jawa pada periode sebelum Perang Dunia II. Pada tahun 1930-an, gubernur memprakarsai sebuah proyek untuk menyelesaikan koloni dengan para petani kecil asal Jawa, yang akan menetap di desa-desa bergaya Jawa dengan pemimpin agama dan masyarakat mereka sendiri.
Program ini berumur pendek, disela oleh pemerintah. perang Dunia Kedua. Setelah perang, perubahan lanskap politik memungkinkan terbentuknya partai politik di Suriname.
Kedua partai di Jawa, seperti partai lainnya, lebih didasarkan pada etnisitas dibandingkan afiliasi politik. Terdapat persaingan yang kuat antara pemimpin mereka, Iding Soemita dan Salikin Hardjo.
Kelompok terakhir ini kurang berhasil dalam pemilihan umum pertama pada tahun 1949. Mereka kemudian berkonsentrasi untuk mendorong kembalinya sekelompok orang terpilih yang memenuhi syarat ke dalam pemerintahan. . bangsa. Jawa.
Pada tahun 1954, seribu orang Jawa berlayar dari Suriname ke Indonesia untuk mendirikan koperasi pertanian di Tongar, Sumatera Barat. Migrasi kedua terjadi pada tahun 1970-an, ketika sekitar 20.000 orang Jawa berangkat ke Belanda sebelum Suriname memperoleh kemerdekaan pada tahun 1975.
Secara politis, pentingnya kelompok penduduk Jawa. Masyarakat Jawa biasanya merupakan kelompok yang seimbang antara kelompok Afro-Suriname dan Hindustan (India dari bekas jajahan Inggris), karena lebih besar dan kuat.
Secara sosial-ekonomi, perkembangan masyarakat Jawa sebenarnya lebih lambat dibandingkan kelompok lain. Namun, sejak tahun 1960-an, suku Jawa telah mengungguli kelompok penduduk lain di Suriname. Namun tingkat urbanisasi mereka masih lebih rendah dibandingkan kelompok besar lainnya.*
Sumber: Nationalgeographic.co.id